Sunday, October 7, 2012

Makna Sujud Bagi Seorang Muslim (Komentar untuk Komentar Gary Lineker)

Lagi - lagi umat islam harus menerima pelecehan dari non muslim. Setelah beberapa waktu yang lalu film Innocence of Moslems mengusik hati umat islam di seluruh dunia dan menyebabkan aksi demonstrasi yang menewaskan dubes AS untuk Libya. Kali ini pelecehan itu berasal dari Legenda sepak bola Inggris, Gary Lineker.
Gary Lineker (51 Tahun) adalah seorang legenda hidup sepak bola Inggris.  Ia memulai karir sepak bolanya di Leicester City. ia juga pernah membela klub Barcelona FC pada rentang waktu 1986 - 1989 dengan 103 penampilan serta membukukan 42 gol. Saat ini ia menjadi komentator di beberapa stasiun televisi, salah satunya adalah Al-Jazeera Sport. Di channel inilah, komentar yang menyinggung hati umat islam itu dikeluarkan oleh Gary.
Lineker menjadi komentator di channel olahraga Al Jazeera +3, ketika Montpellier bertanding melawan Schalke dalam lanjutan Liga Champions, Kamis (4/10) dini hari WIB.

Ketika itu, pemain Montpellier asal Maroko Karim Ait-Fana berhasil mencetak gol dan merayakan selebrasinya dengan bersujud bersama rekannya, Younes Belhanda.

Lineker kemudian berkomentar, “Usaha yang hebat dari Karim Ait-Fana, mencetak gol dari area luar dan kemudian memakan rumput, seperti biasanya.”

Lineker kemudian mendapat kritikan tajam di akun Twitter-nya. Pria berusia 51 tahun ini meminta maaf kepada 1,1 juta follower-nya. “Saya meminta maaf, tetapi saya tidak terlalu memperhatikan agama masing-masing pemain,” kicaunya.

Ajmal Masroor, seorang imam di London pun berkomentar, “Sebuah pernyataan bodoh. Sebuah tindakan yang tidak profesional bagi legenda sepakbola yang seharusnya menjadi panutan. Dia harus minta maaf atau dipecat dari Al Jazeera.” (Sumber : baca di sini)

ucapan maaf telah dilontarkan, akan tetapi bagaikan anak panah, ucapan takkan bisa ditarik kembali dan seolah - olah tak terjadi apa - apa sebelumnya. oleh karena itu, saya tertarik membahas makna sujud - yang dikatakan oleh Lineker sebagai aksi memakan rumput - bagi seorang muslim.

Sujud berasal dari kata bahasa Arab yaitu Sajada - Yasjudu yang berarti tunduk, merendah, dan cenderung. Sedangkan berdasarkan istilah sujud adalah meletakkan sebagian kening yang terbuka di atas tanah. Begitu pentingnya sujud, sehingga kata sujud diulang - ulang di dalam al-Qur'an sebanyak 34 kali.

Sujud merupakan sarana yang dibuat oleh Allah untuk Manusia agar meninggalkan sifat sombong dan angkuh. Dengan sujud, Allah mengingatkan manusia untuk senantiasa mengingat siapa dia sebenarnya. Bahwasanya semua yang ia miliki sejatinya adalah milik Allah, bukan miliknya. Sujud jua mengingatkan manusia untuk senantiasa mengingat asal - usulnya yang bersumber dari tanah. sehingga tak ada lagi kesombongan di dalam hati manusia.

Rendah Diri, itulah tujuan yang ingin dicapai dari sujud. seorang manusia tidak boleh merendahkan diri di hadapan manusia lainnya, terutama dengan cara bersujud. akan tetapi manusia diwajibkan untuk bersujud kepada Sang Pencipta sebagai bentuk penghambaan dan rendah diri di hadapan Sang Pemilik Alam Semesta. Oleh karena itu, sujud merupakan ibadah yang paling dicintai oleh Allah dan merupakan waktu yang mustajabah atau dikabulkannya doa - doa.

Oleh karena itu, bila seorang pesepak bola Muslim melakukan selebrasi gol dengan cara bersujud, maka sesungguhnya ia sedang melakukan dua hal. Pertama ; menunjukkan rasa syukur kepada Allah yang telah memberikannya nikmat sehingga ia bisa menciptakan gol. Kedua ; menunjukkan kerendahaannya di hadapan Allah, bahwa apa yang ia miliki saat ini adalah milik Allah Semata. dan Allah bisa mengambilnya kapan pun Ia mau. Bahwa Ia adalah makhluk yang lemah dan tak berarti apa - apa di hadapan Allah SWT.

Komentar yang menyakiti hati umat islam itu tak pantas diucapkan oleh seorang Legenda seperti Gary Lineker. Alangkah baiknya bila ia memilih dan memilah kata - kata yang pantas diucapkan sebelum ia mengucapkan kata - kata tersebut. Terlebih lagi saat itu ia didengar oleh ratusan ribu pemirsa Al-Jazeera Sport yang mayoritas adalah muslim arab.

Semoga setelah kejadian ini, Lineker bisa lebih hati - hati dalam bertutur kata dan memberikan komentarnya. Alangkah baiknya ia mempelajari Islam dari sumber yang benar, sehingga ia bisa lebih mengenal seperti apa itu Islam, sehingga ia tak lagi salah dalam memahami Islam.

( Picture : Mohammed Abou Treika (Egypt) sedang bersujud )

Gorontalo, 7 Oktober 2012

1 comments:

seharus nya lineker bisa menghargai kepada umat mulim jangan asal jeplak aja

kaos muslim anak - kaos muslim keluarga

Post a Comment